Kamis, 04 April 2019

KAMPUNG KB "SEKAR ARUM" DESA PURWOSARI KEMBANGKAN DESA ADIWIYATA

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT 
JADI FOKUS KAMPUNG KB "SEKAR ARUM"
DESA PURWOSARI

Pemberdayaan masyarakat menuju terciptanya lingkungan yang asri dan berhasilguna menjadi tema khusus mengusung Kampung KB Desa Purwosari Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung. 
Setidaknya di halaman rumah serta sisi kanan dan kiri rumah di tiap keluarga sudah tersedia sayuran siap petik, buah tomat, terong, kentang, cabai dan aneka tanaman herbal.
Keindahan taman Kampung KB melalui pemanfaatan lingkungan dengan tanaman dalam pot ini ditinjau langsung oleh Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq dengan naik mobil bak terbuka keliling kampung bersama Camat Kranggan, jajaran Koramil dan Polsek serta Tim Penggerak PKK setempat.



Kegiatan itu dilakukan Bupati Temanggung setelah pengguntingan pita meresmikan pencanangan Kampung KB desa Purwosari di dusun Purwosari II. 
Hadir dalam kesempatan itu Kepala DP3 AKB Provinsi Jawa Tengah, Jajaran DPPKB-PPPA Kabupaten Temanggung, Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia, Tim Penggerak PKK dan instansi terkait.
Dalam serangkaian kegiatan ini ditampilkan karya seni Musik Calung PIK Remaja, Dagelan “OVJ” bertema pernikahan dini, gerak dan lagu ibu-ibu
 lansia (kelompok BKL) dan tidak ketinggalan pelayanan kesehatan umum serta pelayanan 157 akseptor KB Implan atau Susuk.
Bupati menilai langkah kepala desa beserta masyarakat ini patut dicontoh kampung KB yang lainnya. Apalagi pemberdayaan dibidang batik tulis asli Purwosari, merupakan inovasi yang sangat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tentunya harus diikuti dengan konsumsi batik di kalangan sendiri terlebih dahulu. Semua perangkat desa, PKK, Karang Taruna, Kader KB dan Kesehatan, tokoh masyarakat, diminta menggunakan batik karya perajin di Desa Purwosari.


Berbagai tanaman penghias lingkungan baik sayur, buah maupun tanaman pengayon diteliti betul oleh Bupati Temanggung, dan hasilnya  adalah sebuah nilai kesungguhan warga, bukan tanaman sulapan sekedar peresmian Kampung KB tetapi tanaman budidaya itu sudah sejak lama dilakukan warga Puwosari.
Tentang pelestarian lingkungan hidup Bupati mengatakan, Kabupaten Temanggung akan mencanangkan bebas dari sampah plastik tahun 2020. Demikian juga Bebas ODF Kabupaten Temanggung secara totalitas harus dicanangkan tahun 2020. Karena itu dinas instansi lintas sektoral diminta untuk mendukung pengembangan Kampung KB dan Temanggung bebas ODF dengan cara terpadu melakukan sosialisasi kepada masyarakat.
Keberadaan Kampung KB di Kabupaten Temanggung yang saat ini berjumlah 61 Kampung KB masuk pada tahapan pembinaan dan pengembangan. Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Tengah Muhad Juned mengatakan, mulai tahun 2019 ini sudah tidak ada lagi bantuan pusat untuk pembentukan kampung KB. Artinya, kampung KB yang sudah ada harus diberdayakan agar tidak menjadi slogan semata namun ada tindak lanjut pembinaan dari lintas sektoral dan pengembangan inovasinya. Seperti dilakukan di Desa Purwosari sebagai Kampung KB Mandiri, dinilai sangat positif untuk dicontoh.

Kepala Desa Purwosari Slamet menjelaskan, di dusun Purwosari II ini tempat yang semula kotor dan jadi pembuangan sampah, kini sudah menjadi taman yang asri dan indah sekaligus dibangun taman baca untuk anak-anak. 

Lokasi di belakang masjid itu juga dekat dengan sungai sehingga dimungkinkan menjadi tempat BAB Sembarangan. Karena itu dengan menyulapnya menjadi taman maka warga juga sepakat menandatangani pernyataan Desa Purwosari Bebas ODF (Open Defecation Free) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan yang dicanangkan bersamaan dengan Kampung KB ini.


Pelayanan pasang dan bongkar KB Susuk atau Implan dilakukan oleh petugas medis yang kompeten.  
Bidan Anik Rokhayati melayani dengan sabar sehubungan dengan SOP pelayanan pasien harus dengan ramah dan senyum sehingga saat pemasangan Susuk para akseptor tidak merasa takut dan bahkan seperti digigit semut saat disuntik karena sambil diberikan motivasi program perencanaan keluarga. —(Budhy HP)—













































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar