Minggu, 21 April 2019

LOMBA MEWARNAI DI PASAR TANI : "AKU CINTA PAK TANI"




Lomba mewarnai gambar bertema Aku Cinta Pak Tani digelar di Pasar Tani KTNA Kranggan Minggu kemarin. Lomba digagas Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Kranggan dengan tujuan untuk menanamkan rasa kecintaan anak terhadap pak tani yang digambarkannya sebagai pahlawan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Dengan memberikan gambaran areal persawahan dengan aneka tanaman dan cangkul pak tani sebagai alat pengolah sawah, anak-anak usia PAUD dan TK diharapkan mulai mendapatkan pencerahan tentang dunia pertanian. Paling tidak anak anak mengenal beberapa hal pokok yaitu sosok petani, sawah, alat untuk mencangkul dan aneka tanaman sebagai sumber nutrisi untuk mencerdaskan otak.
Marjoko ketua Panitia Lomba  Mewarnai menjelaskan, lomba mewarnai bukan sekedar untuk mendatangkan pengunjung tetapi sesuai konsep awal pasar tani sebagai edukasi pertanian, maka dinilai cocok yang diberikan pengenalan pertanian itu diantaranya anak-anak. Melalui lomba mewarnai gambar diharapkan anak-anak memahami dunia pertanian dan kelak dewasa sudah bisa ikut mewarnai kebijakan pertanian ketika mereka menjadi orang pintar.
Lomba diikuti 78 peserta yang datang dari berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Temanggung. Bahkan dari luar kabupaten seperti Pati, Sukoharjo dan Klaten juga mengirimkan perwakilan peserta dari PAUD dan TK. Dewan Yuri dari unsur seni dan unsur pendidikan yang kompeten dibidangnya yaitu seni lukis dan pengetahuan pertanian. Materi penilaian meliputi kerapian dalam mewarnai, pemilihan warna yang tepat untuk objek gambar, kreatifitas seni memadukan warna dan motiv yang ditambahkan serta nilai keindahan gambar.
Melihat tema itu salah seorang ibu yang mengantar anaknya menilai positif langkah pengenalan pertanian melalui gambar. Oktaviana Dwiastuti dari Ngadirejo mengatakan, memberikan perhatian pada pendidikan anak harus dilakukan terus menerus oleh orang. Pada usia dini masih duduk di PAUD dan TK tentu belum terlihat bakat khususnya. Oleh karena itu ia mencoba melihat bakat dan ketrampilan apa yang bisa berkembang pada anaknya. Dengan mengikutsertakan ke lomba mewarnai gambar setidaknya anak mulai dapat diketahui bakatnya dibidang seni.
Dalam kegiatan itu bupati temanggung HM AL Khadziq  dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Temanggung Denty Eka Widi Pratiwi  serta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kranggan Ny. Tri Raharjo meninjau langsung kreasi anak-anak yang tengah mengikuti lomba. Kegiatan ini dinilai sebagai sebuah kegiatan positif untuk mensosialisasikan pertanian sedini mungkin kepada anak-anak.
Selain melalui lomba mewarnai gambar, anak-anak juga dikenalkan produk-produk pertanian yang dipajang di anjungan-anjungan pasar tani Kranggan. Hasil kerajinan berbahan hasil petanian juga di apresiasi oleh Tim Penggerak PKK dengan membeli 100 kranjang mini untuk tempat sajian snack tradisonal. Keranjang mini tempat snack ini tentu akan menjadi alat promosi untuk disampaikan kepada masyarakat dimana saja agar mencintai produk pedesaan atau “home made” yang ramah lingkungan namun memiliki nilai estetika dan mengurangi penggunakan plastik.
Hasil kejuaraan lomba mewarnai langsung diumumkan di panggung kesenian dan para penerima piagam dan uang pembinaan adalah Juara I Ananda Bilqis Ufaira Nurin dengan uang pembinaan 500 ribu rupiah, Juara II Satria Wahyu uang pembinaan 400 ribu rupiah dan Juara III Kevin Ahmada dengan uang pembinaan 300 ribu rupiah.
Penyerahan Hadiah dipandu oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kranggan dan diserahkan kepada para juara oleh Ketua KTNA Kranggan, Kapolsek Kranggan, Danramil Kranggan, dan Ketua Panitia Gayeng Bareng bersama Pasar Tani Kranggan. ---(Budhy HP)---











































Tidak ada komentar:

Posting Komentar