Rabu, 27 November 2019

DP3AP2KB JATENG : ADVOKASI KEBIJAKAN PENGENDALIAN PENDUDUK



ADVOKASI SEBAGAI LANGKAH MEMENGARUHI PEMBUAT KEBIJAKAN PUBLIK




DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan advokasi kebijakan pengendalian penduduk di hotel Grand Wahid Salatiga, 27 – 28 November 2019. 


Peserta aktif dihadirkan dari OPD KB Kabupaten / Kota se Jawa Tengah dengan tujuan agar di daerah melakukan advokasi kepada pejabat public untuk membuat kebijakan yang mendukung terlaksananya program KKBPK


Kepala Bidang Dalduk DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah Budi Dayanti mengatakan, salah satu output advokasi program KKBPK adalah lahirnya Sekolah Siaga Kependudukan (SSK), penyusunan GDPK. 


Juga terbitnya peraturan daerah atau Peraturan Bupati / Walikota yang mengatur pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana, 


serta lahirnya POKJA Advokasi yang melibatkan OPD lintas sektoral untuk ikut mendukung program KKBPK


Oleh karena itu advokasi merupakan aksi strategis yang ditujukan untuk menciptakan kebijakan publik yang bermanfaat bagi masyarakat atau mencegah munculnya kebijakan yang diperkirakan merugikan masyarakat.


Tujuan advokasi adalahmendukung dan mempromosikan suatu masalah/isu dan mencoba untuk mendapatkan dukungan dari pihak lain dalam rangka perubahan.


Dalam hal advokasi program KKBPK, maka advokasi ditujukan kepada pejabat public agar mau mendukung program KKBPK dan membuat kebijakan yang mendorong tercapainya tujuan program KKBPK


Dalam kegiatan tersebut dihadirkan nara sumber dari Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah Sukayadi dan Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis UKSW Salatiga Eko Suseno sekaligus sebagai motivator.


































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar